Info Pendaftaran dan Biaya IUP UGM Ekonomi

Berapa kisaran biaya IUP UGM Ekonomi? Sebelumnya, Anda pasti mengetahui bahwa jurusan ekonomi merupakan salah satu jurusan favorit yang diinginkan oleh mayoritas calon mahasiswa. UGM tidak hanya menerima mahasiswa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN, tetapi juga melalui IUP.

IUP adalah kelas internasional dengan pembelajaran dan fasilitas yang mendukung. Nah, Sebelum Anda masuk menjadi mahasiswa IUP UGM Ekonomi, Anda juga perlu mengetahui rincian biaya IUP UGM Ekonomi. Sebagai informasi, berikut di bawah ini info pendaftaran dan biayanya:

Info Pendaftaran

Calon mahasiswa yang mendaftar jalur IUP bukan hanya berasal dari Indonesia saja, tetapi juga terbuka untuk calon mahasiswa dari luar negeri (asing). Syarat masuk IUP UGM adalah siswa yang berasal dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat serta dari International Baccalaureate.

Jalur ini berbeda dari jalur SNMPTN dan SBMPTN. Ujian masuk IUP terdiri dari dua ujian. Ujian pertama yaitu tes tulis TOEFL dengan skor minimal 500/550, Gadjah Mada Scholastic Test, dan TPA Bahasa Inggris. Apabila Anda dinyatakan lolus ujian pertama, Anda akan melanjutkan ke tahap wawancara dan Focus Group Discussion.

Untuk dosen pengampu dari beberapa mata kuliah juga khusus didatangkan dari luar negeri dengan syarat kompeten di bidangnya. Kriteria kelulusan mahasiswa IUP juga lebih ketat sebagaimana saat dilakukan seleksi masuk. Anda harus melakukan pengalaman studi tingkat internasional.

Baca juga : Biaya IUP UGM Ilmu Komputer

Dengan hal tersebut, pastinya akan sebanding dengan ilmu yang diperoleh baik untuk teori maupun praktiknya. Setelah kelulusan, Anda sebagai lulusan jalur IUP dinilai lebih dapat bersaing di kancah internasional pastinya.

Biaya

Jurusan ekonomi merupakan bagian dari Fakultas Ekonomi. Selain jurusan ekonomi, fakultas tersebut juga memiliki jurusan lain yaitu akuntansi dan manajemen. Ketiga jurusan tersebut memiliki biaya IUP yang sama dengan fakultas lain, kecuali untuk Fakultas Kedokteran.

Biaya untuk IUP UGM jurusan ekonomi terbagi menjadi dua yaitu biaya aplikasi dan biaya per semester. Untuk biaya aplikasi, Anda harus membayar sebesar Rp1.500.000. Sedangkan biaya per semester, untuk mahasiswa Indonesia sebesar Rp35.000.000 dan mahasiswa asing sebesar Rp50.000.000.

Selain kedua biaya tersebut, Anda juga akan dikenai biaya tingkat universitas seperti almamater, biaya KKN, buku dan lainnya. Per semester, Anda akan menghabiskan biaya sebesar Rp2.500.000.

Baca juga : Biaya IUP UGM Kedokteran

Dengan kisaran biaya di atas, pastinya tergolong cukup tinggi apabila dibandingkan dengan jalur reguler. Tetapi jangan khawatir, fasilitas yang akan diperoleh tentunya jauh lebih lengkap. Beberapa fasilitas IUP yaitu jurnal online, perpustakaan, pusat dukungan bahasa Inggris, akses internet gratis dan referensi buku yang luas lainnya.

Di setiap ruangan kelas, dilengkapi dengan AC, komputer dengan audio serta mikrofon dan LCD proyektor. Anda juga akan mendapatkan fasilitas olahraga seperti kolam renang, hockey, tenis, lapangan basket, voli dan lainnya.

Seperti itulah penjelasan mengenai info pendaftaran dan biaya IUP UGM Ekonomi. Selain menyiapkan biaya, Anda juga harus menyiapkan mental serta pengetahuan untuk dapat masuk menjadi bagian dari mahasiswa IUP. Anda harus melakukan persiapan dengan matang, seperti contohnya bergabung dengan  bimbel IUP UGM.

Bimbel ini berfokus pada pembelajaran yang ditujukan untuk persiapan tes IUP UGM. Dengan Anda bergabung bersama bimbel kami, persiapan tes masuk Anda akan semakin mudah. Anda akan dibimbing dengan pengajar yang kompeten serta modul pembelajaran sebagai pendukung.

Segera gabung sekarang juga agar kesempatan lulus seleksi IUP semakin besar ya!

Tinggalkan komentar